A+ A A-

Taman Tegallega Kini Keren, Ada 20 Replika Dinosaurus yang Menyala di Malam Hari

Rate this item
(0 votes)


Bandung - Revitalisasi Lapang Tegallega, butuh dana Rp 88 miliar sehingga butuh waktu empat tahun anggaran karena keterbatasan dana APBD.

Hal itu disampaikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat meninjau lokasi revitalisasi Tegallega, Rabu (08/02/2017).

Taman konservasi Tegallega akan disulap menjadi ruang publik baru, pembangunan tahap pertama di jalur tengah hingga ke monumen dan lapangan upacara.

Tegallega akan jadi tempat wisata karena ada ampitheater yang kolongnya dipakai perpustakaan dan tempat pameran‎.‎‎

Ada juga taman Dinosaurus, tirex, buaya tempat untuk upacara dan kolam anak. Di tengah-tengah taman Tegalega, ada 20 replika dinosaurus, berfugsi seperti lampion, jadi kalau malam bisa nyala.

Emil berharap, Taman Tegallega bisa seperti taman Alun-alun, yang awalnya kumuh dan kalau malam dipakai untuk mesum berubah menjadi taman rekreasi keluarga.

Menurut Emil, revitalisasi tidak bisa sekaligus karena terlalu luas butuh dana besar.

"Alokasi untuk revitalisasi Tegallega tahun 2016 sebesar Rp15 miliar dan tahun 2017 sebesari Rp 15 miliar, sehingga kebutuhan Rp 88 miliar sehingga minimal butuh waktu 4 tahun ," ujar Emil.

Emil mengatakan tidak bisa mengandalkan dana CSR karena jumlahnya yang begitu besar. Sistem pembiayaan dengan skema Public-Private Partnership pun menurutnya kurang sesuai, sebab skema tersebut diperuntukkan bagi infrastruktur fundamental, seperti fly over.

Penataan taman konservasi Tegalega ini merupakan proyek pembangunan taman terbesar di Kota Bandung. Tahap kedua akan dilaksanakan setelah proses lelang selesai. Pada tahap ini, perbaikan akan dilakukan di sisi Jalan Mohammad Toha dan jalur pedestrian.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan, dan Pertamanan Arif Prasetya S menuturkan, pihaknya membagi zona kerja menjadi tiga bagian, yakni bagian plaza dan boulevard, bagian permainan anak-anak, bagian olahraga, dan layanan parkir.

"Tahap satu kita sudah selesai di plaza dan boulevard tapi sementara, tidak bisa digunakan sebelum tahap dua ini beres," tutur Arif.

Arif menjelaskan luas Tegallega 16 hektar tpi , lahan yang terkena penataan sekitar 11 hektar, dimana 7 hektar dikerjakan pada tahap satu, 4 hektar sisanya akan digarap pada tahap kedua.

Sumber : tribunjabar.co.id
Admin Web

Manage all MGTRADIO Website
Follow Us @MGT_RADIO
Like Our Facebook Fanpage https://www.facebook.com/1011mgtradio


Add Our Blackberry PIN 7F86117C
Youtube Channel : http://www.youtube.com/1011MGTRADIO
Instagram : mgtradio
Path : MGTRADIO Bandung

Facebook Fan Page

Follow Us On Twitter