A+ A A-

Ridwan Kamil Minta KPK Permanenkan Tim Saber Pungli

Rate this item
(0 votes)


Bandung - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta KPK mempertahankan keberadaan tim saber pungli. Sebab tim saber pungli dianggap menjadi ujung tombak pemberantasan pungli di lingkungan pemerintahan.

Menurutnya sebelum adanya tim saber pungli, Pemkot Bandung tidak memiliki instrumen penegakan hukum dalam memberantas praktik korupsi. Mengingat, Pemkot Bandung hanya memiliki sanksi secara administrasi.

"Saya minta saber pungli diaktifkan permanen saja agar pemda punya instrumen penegakan hukum. Selama ini ada gigi ompong di Pemkot Bandung, tidak bisa memberikan sanksi pidana tapi cuma administrasi," kata Emil di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Kamis (9/2/2017).

Belum lama ini Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) terkena OTT karena melakukan praktik pungli. Padahal sebagian besar pelayanan perizinan sudah berbasis online.

Berkaca dari kasus itu, Emil menyadari sistem yang sudah dibuat sedemikian rupa tetap saja tidak bisa menghilangkan pungli. Sebab, masih saja ada oknum yang memanfaatkan situasi.

"Sistem sudah canggih tapi harus selalu dievaluasi. Karena secanggihnya sistem, kalau manusia di belakangnya ada masalah dengan integritas sistem juga bisa disabotase," ungkap dia.

"Jadi perlu ada yang mengawasi itu dengan kewenangan yang dimiliki," ujarnya menambahkan.

Emil menyebut terdapat beberapa sektor yang perlu menjadi perhatian tim saber pungli dalam pengawasan di lingkungan Pemkot Bandung. Terutama SKPD yang berhubungan dengan uang banyak.

"Prioritas tentunya berhubungan duit banyak seperti perizinan, perpajakan," kata Emil.

Sumber : detik.com
Admin Web

Manage all MGTRADIO Website
Follow Us @MGT_RADIO
Like Our Facebook Fanpage https://www.facebook.com/1011mgtradio


Add Our Blackberry PIN 7F86117C
Youtube Channel : http://www.youtube.com/1011MGTRADIO
Instagram : mgtradio
Path : MGTRADIO Bandung

Facebook Fan Page

Follow Us On Twitter