A+ A A-

Pemkot Bandung akan Bangun Kampung Budaya di Cibiru Senilai Rp 15 M

Rate this item
(0 votes)

Bandung - Pemkot Bandung akan membangun Pusat Budaya Sunda di daerah Cibiru. Kawasan tersebut berkonsep Kampung Budaya yang kental dengan nuansa tradisional kesundaan.

"Konsepnya seperti Kampung Naga (di Tasikmalaya). Jadi ada lorong kampung kiri kanan persis kaya kampung tradisional," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin (13/2/2017).

Lorong-lorong tersebut, lanjut Emil akan berfungsi untuk ruang pamer perajin, juga tempat menjual produk-produk UKM tradisional. Di atasnya ada rumah tradisi dengan arsitektur Julang Ngapak untuk para seniman.

"Terus ada ruang serbagunanya untuk pentas-pentas, ada padepokan juga untuk latihan dan sebagainya," terangnya.

Sehingga, lanjut Emil, pengunjung yang datang ke sana bisa menonton kebudayaan dan bisa berinteraksi dengan seniman.

"Bisa melihat karya yang sedang diproduksi, bisa beli-beli kerajinan tangan tematik sunda," ucapnya.

Lahan yang disiapkan untuk Kampung Budaya itu seluas 5.000 meter persegi dengan anggaran Rp15 miliar dari APBD Kota Bandung.

"Salah satu yang paling siap adalah di Cibiru, karena lahannya sudah paling siap di pinggir jalan besar dan memang memadai. Nanti setiap tahun di tambah di mana yang memungkinkan. Di ujungberung masih diteruskan hanya kendalanya pembebasan lahan dan akses masuk menjadi curhatan para seniman, sehingga pembebasan untuk jalan masuknya agak repot, jadi kita seimbangkan dengan pengembangan pusat budaya wilayah lain yang paling siap," tandasnya.

Sumber : detik.com
Admin Web

Manage all MGTRADIO Website
Follow Us @MGT_RADIO
Like Our Facebook Fanpage https://www.facebook.com/1011mgtradio


Add Our Blackberry PIN 7F86117C
Youtube Channel : http://www.youtube.com/1011MGTRADIO
Instagram : mgtradio
Path : MGTRADIO Bandung