A+ A A-

5.000 Pasar Akan direvitalisasi Hingga 2019, Termasuk Soal Kelegalan Alat Ukur

Rate this item
(0 votes)


Bandung - Satu di antara program prioritas Kementerian Perdagangan Republik Indonesia adalah melakukan revitalisasi pasar 5.000 pasar rakyat hingga tahun 2019. Revitalisasi pasar bertujuan untuk meningkatkan daya saing pasar rakyat, baik dari sisi kenyamanan berbelanja maupun kepastian kualitas, dan kuantitas barang yang diterima oleh masyarakat atau konsumen.

"Revitalisasi pasar mengandung dua unsur penting yakni pelaksanaan fisik pasar dan penataan sistem termasuk kepastian penyerahan kuantitas barang atau jasa, " kata Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, ketika Peresmian dan Penetapan Daerah Tertib Ukur dan Pasar Tertib Ukur Tahun 2017 di El Royal Bandung, Senin (4/12/2017).

Menurutnya, satu di antara implementasi penataan sistem pasar dan kepastian penyerahan barang/jasa adalah kewajiban pengusaha atau pedagang untuk menggunakan alat ukur yang legal dan sesuai dengan ketentuan Undang Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.

Penggunaan alat ukur yang baik dan legal akan memberikan hasil pengukuran yang benar atau tepat sehingga masyarakat atau konsumen akan memperoleh barang atau jasa sesuai dengan haknya.

"Karena jaminan kebenaran dalam hal penggunaan alat ukur, khususnya dalam transaksi perdagangan, berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi secara makro, " kata Mendag.

Secara tidak langsung, katanya, dampak ekonomi dari proses pengukuran khususnya pengukuran yang terkait transaksi perdagangan sangat berpengaruh terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) masing-masing daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

Sumber : tribunjabar.co.id
Admin Web

Manage all MGTRADIO Website
Follow Us @MGT_RADIO
Like Our Facebook Fanpage https://www.facebook.com/1011mgtradio


Add Our Blackberry PIN 7F86117C
Youtube Channel : http://www.youtube.com/1011MGTRADIO
Instagram : mgtradio
Path : MGTRADIO Bandung