A+ A A-

Begini Strategi Bebaskan Lahan Kereta Cepat JKT-BDG

Rate this item
(0 votes)


Bandung - Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), Arie Yuriwin, mengatakan, pembebasan lahan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) ditargetkan selesai 100% pada April 2018. Saat ini pembebasan lahan jalur kereta sepanjang 142 kilometer (km) ini masih 53-54%.

Lantas, bagaimana strateginya supaya pembebasan lahan capai 100%? "Strateginya kita harus menyelesaikan titik strategis yang harus diselesaikan. Kemudian pengukuran sudah selesai, sekarang tinggal appraisal, kalau appraisal tinggal kita musyawarahkan untuk selanjutnya penyelesaian ganti rugi," kata Arie di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Lahan-lahan sudah bebas sebelumnya menggunakan skema kerja sama sewa lahan dalam jangka waktu yang panjang. Kebanyakan, lahan-lahan ini milik instansi pemerintah.

"Jadi yang 53% itu skema kerja sama, jadi ada dua skema, skema kerja sama itu dari PT PSBI dan KCIC kan kerja sama dengan PTPN, TNI AU itu yang 53%, jadi bisa dikuasai langsung fisiknya. Sewa jangka panjang," tambah dia.

Dia merinci, dari 53% ini untuk wilayah DKI Jakarta mulai dari Halim Perdanakusuma sepanjang 22,3 km sudah selesai dengan skema kerja sama, sedangkan sisanya 3,1 hektar dibebaskan.

"Yang di luar TNI AU, cuma 3,1 hektar, itu antara Pondok Gede-Jatiwaringin sampai Kampus Borobudur, nanti itu hanya dilewati rel saja, kan ada beberapa untuk tunnel, enggak begitu luas yang di situ," jelas Arie.

Sedangkan sisanya, Arie menyebutkan sekitar 6.300 bidang tanah di sembilan kabupaten/kota di Jawa Barat (Jabar) harus dibebaskan karena memiliki perorangan dan badan hukum seperti kawasan industri.

"Kalau yang di Jabar paling gede pembebasan lahan di Walini sama Purwakarta," kata dia.

Arie menegaskan, proses pembebasan 6.300 bidang tanah ini bisa diketahui hasilnya pada akhir Februari.

"Tinggal nunggu itu saja, tinggal musyawarah saja, kan kalau mereka tidak setuju ya kita konsinyasi saja," tutup Arie.

Sumber : detik.com
Admin Web

Manage all MGTRADIO Website
Follow Us @MGT_RADIO
Like Our Facebook Fanpage https://www.facebook.com/1011mgtradio


Add Our Blackberry PIN 7F86117C
Youtube Channel : http://www.youtube.com/1011MGTRADIO
Instagram : mgtradio
Path : MGTRADIO Bandung