A+ A A-

Misteri Pemain Asing Persib Bandung, Antara yang Dibidik dan Bakal Didepak

Rate this item
(0 votes)

Bandung - Teka-teki soal pemain asing anyar Persib Bandung berakhir, Senin (12/3/2018). Demikian pula soal spekulasi soal legiun asing yang harus angkat koper dari skuat Pangeran Baru.
 
Hal itu merujuk pada pernyataan asisten pelatih Persib, Fernando Soler pada Sabtu lalu.
 
"Ada keputusan hari ini, besok atau lusa, kalian sudah tahu, di pemain asing," ujar Fernando Soler di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (10/3/2018).
 
Fernando Soler masih menutup rapat identitas sang pemain. Jonathan Bauman atau Jorge Pereyra Diaz atau nama baru.
 
Sejauh ini, hanya dua striker asal Argentina yang Jonathan Bauman dan Jorge Pereyra Diaz, yang santer dikait-kaitkan dengan Persib Bandung.
 
Rumor itu menjadi kuat karena nama Jonathan Bauman pernah disebut pelatih Mario Gomez sebagai incarannya. Lalu, Jorge Pereyra Diaz yang merupakan anak didiknya di JDT sudah meninggalkan tim asal Malaysia itu.
 
Rumor soal dua penyerang itu semakin kencang jika merujuk pada kebiasaan Mario Gomez selama menjadi pelatih. Sang pelatih sangat percaya pada para striker asal Amerika Selatan, terutama dari negeri asalnya Negeri Tango.
 
Karir kepelatihan Mario Gomez memang banyak dihabiskan di sejumlah klub Argentina. Selebihnya, dia menangani klub di Eropa dan Asia. Di setiap klub itu, lini depan tetap kental Amerika Selatan, terutama Argentina.
 
Pada musim 1999, Mario Gomez sempat melatih Mallorca, klub di Spanyol. Dari data Transfermark, ia membawa tujuh pemain berpaspor ke dalam skuatnya. Dua di antara mereka berposisi sebagai striker, Leo Biagini dan Ariel Lopez.
 
Sepuluh tahun berselang, Mario Gomez menangani tim Yunani, Asteras Tripolis Yunani. Soccerway mencatat, Mario Gomez punya setengah lusin pemain asal Argentina di Asteras Tripolis Yunani pada musim 2009. Lagi-lagi, ada dua penyerang di antara 6 pemain itu, yakni Sebastian Adolfo Ereros dan Lucio Filomeno.
 
Mario Gomez agak "melenceng" dari tradisi saat melatih tim asal Hongkong, South China AA.  Transfermark mencatat tak ada pemain asal Argentina di tim yang ditangani Mario Gomez pada musim 2014–2015 itu.
 
Namun, tradisi eks asisten Hector Cuper itu melenceng tak begitu jauh. Ia tetap mengandalkan penyerang asal Amerika Selatan, yakni Jose Wellington Bento dos Santos atau Detinho.
 
Hasilnya tidak terlalu bagus, dari delapan kali dimainkan, Detinho hanya mencetak satu gol. Boleh jadi, pengalaman itu yang membuat Mario Gomez kembali mengandalkan dua striker asal Argentina ketika mengarsiteki Johor Darul Takzim (JDT) pada musim 2015 dan 2016.
 
Dua penyerang rekrutan Mario Gomez di JDT, Juan Martin Lucero berduet dengan Jorge Pereyra Diaz, tampil sebagai top skor di Liga Super Malaysia musim 2016. Karena pemain asing anyar itu masih rahasia, boleh menjadi bukan Jonathan Bauman dan Jorge Pereyra Diaz.
 
Spekulasi Pemain Asing Yang Dibuang
 
Apabila kembali merekrut penggawa asing, Persib Bandung harus melepas satu pemain dari tim saat ini. Itu mengacu pada regulasi tiap peserta Liga 1 maksimal hanya boleh memiliki empat pemain asing. Komposisinya 3+1, yakni 3 pemain asing dari negara manapun plus satu pemain asing Asia.
 
Sejauh ini, Persib Bandung sudah punya empat pemain asing yakni Michael Essien, Ezechiel Ndouassel, Bojan Malisic, dan pemain asing asal Asia, Oh In Kyun.
 
Baik Mario Gomez maupun manajemen Pangeran Biru masih bungkam soal pemain asing bakal diputus kontrak. Meski begitu, ada dua nama yang rawan dilepas Mario Gomes untuk memberi tempat bagi pemain se-negaranya.
 
Mereka adalah Michael Essien dan Ezechiel Ndouassel. Keduanya adalah bagian dari dari skuat lama Pangeran Biru. Mereka berbeda dengan Bojan Malisic dan Oh In Kyun yang didatangkan sejak masa kepelatihan Mario Gomez. Bahkan, Bojan Malisic adalah rekrutan atas rekomendasi langsung Mario Gomez.
 
Sejak awal rencana mendatangkan pemain asing baru, nama Michael Essien yang paling kencang dirumorkan dicoret. Apalagi jika dikaitkan dengan pernyataan Mario Gomez yang mengkritik manajemen karena bukan mendatangka striker tapi malah seorang gelandang. Mario Gomez melontarkan pernyataan itu tidak lama setelah Michael Essien tiba dari London.
 
Selama ini, mantan bintang Chelsea itu memang belum pulih dari cedera. Pernyataan Fernando Soler akhir pekan lalu juga menambah kuatnya spekulasi soal Michael Essien.
 
"Untuk Essien kami tunggu. Masih kelihatan kurang, belum sampai 100 persen karena ia tidak banyak latihan, karena dia masih sakit," kata Fernando Soler.
 
Sumber : tribunjabar.co.id
Admin Web

Manage all MGTRADIO Website
Follow Us @MGT_RADIO
Like Our Facebook Fanpage https://www.facebook.com/1011mgtradio


Add Our Blackberry PIN 7F86117C
Youtube Channel : http://www.youtube.com/1011MGTRADIO
Instagram : mgtradio
Path : MGTRADIO Bandung