A+ A A-

2920 Pengawas Siap Jaga TPS Agar Tertib dan Aman

Rate this item
(1 Vote)


Bandung - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Bandung Barat melantik sebanyak 2920 orang pengawas secara serentak pada 3 Juni untuk semua kecamatan di Bandung Barat.

Ketua Panwaslu KBB, Cecep Rahmat Nugraha mengungkapkan jumlah orang pengawas yang telah dilantik nantinya akan ditempatkan di tempat pemungutan suara (TPS) di KBB.

Cecep juga menekankan kepada para pengawas TPS yang telah dilantik, agar menjalankan tugas, wewenang, dan kewajiban sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Mereka harus lakukan pengawasan mulai persiapan, pemungutan suara, persiapan penghitungan, hingga pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS," ujar Cecep kepada Tribun Jabar melalui pesan whatsapp, Senin (4/6/2018).

Selanjutnya, pengawas TPS kata Cecep harus memetakan potensi-potensi pelanggaran yang ada di TPS hingga pada situasi yang dapat mengganggu jalannya penghitungan suara.

"Ada sekitar 6 poin indikator TPS yang menjadi rawan, seperti akurasi data pemilih, penyalahgunaan hak pilih, politik uang, netralitas petugas KPPS, kampanye SARA, dan penghitungan suara," ujarnya.

Para petugas pengawas pun, Cecep menyebut mesti berdomisi sesuai di desa setempat dengan adanya bukti Kartu Tanda Penduduk (KTP). Masa kerja para pengawas itu selama 30 hari terhitung dari 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan 7 hari setelahnya.

Sumber : tribunjabar.co.id
Admin Web

Manage all MGTRADIO Website
Follow Us @MGT_RADIO
Like Our Facebook Fanpage https://www.facebook.com/1011mgtradio


Add Our Blackberry PIN 7F86117C
Youtube Channel : http://www.youtube.com/1011MGTRADIO
Instagram : mgtradio
Path : MGTRADIO Bandung