Fenomena Gerhana Matahari Cincin Dapat Dilihat Di Beberapa Wilayah Indonesia

Written by on 26 December 2019

 

Bandung – Fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi dan dapat dilihat di beberapa wilayah Indonesia.

Kepala Biro Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Akhmad Taufan Maulana, mengonfirmasi gerhana matahari cincin akan terjadi.

Dalam artikel yang diterbitkan Kompas.com, Taufan mengatakan gerhana matahari cincin tak hanya bisa dilihat di Indonesia.

Adapun gerhana matahari cincin melewati Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Malaysia, dan Samudra Pasifik.

Gerhana matahari cincin dapat diamati di sebagian kecil Afrika bagian timur, seluruh wilayah Asia, Samudra India, Australia bagian utara, dan Samudra Pasifik, berupa gerhana matahari sebagian.

Di Indonesia, gerhana matahari cincin dapat dilihat di 25 wilayah. Berikut rinciannya.

Sinabang, Singkil, Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, Sibuhuan, Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak Sri Indrapura, Selat Panjang, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, Bandan Seri, Bentan, Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, Putussibau, Tanjungselor, Tanjungredep.

Di 25 wilayah tersebut, gerhana matahari cincin dapat dilihat secara penuh. Fenomena gerhana matahari cincin diprediksi dimulai pukul 12.15 WIB, berupa gerhana matahari sebagian.

Fase puncak diduga pukul 12.17 WIB. Pada fase tersebut gerhana matahari cincin terlihat paling baik. Fenomena itu akan berkahir pada pukul 12.19 WIB.

Sebenarnya, gerhana matahari sebagian dapat disaksikan di sejumlah di Pulau Jawa. Gerhana yang akan terlihat dari wilayah di Pulau Jawa mencapai 70-80 persen.

Sementara, daerah paling sedikit mengalami gerhana matahari yakni wilayah selatan Papua dengan 20 persen.

Masyarakat Jakarta dan Bandung juga dapat mengamati fenomena itu namun dengan syarat, yakni cuaca cerah.

Bagi masyarakat di Jakarta, besaran gerhana yang akan terjadi adalah sekitar 72 persen, dan di Bandung akan terjadi sekitar 70 persen.

Waktu gerhana paling awal diprediksi akan terjadi di Aceh mulai pukul 10.03 WIB. Sementara wilayah paling terakhir adalah Papua pada pukul 14.37 WIT.

Sumber : tribunjabar.id


101.1 MGTRADIO Bandung

Hanya Memainkan laGu Terbaik

Current track
TITLE
ARTIST