Harga Cabai Rawit di Bandung Semakin Pedas

Written by on 10 January 2021

 

Bandung – Harga cabai rawit di pasar tradisional di Kota Bandung, Jawa Barat tembus di Rp 100 ribu per kilogramnya. Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mengungkap, kenaikan harga cabai itu karena faktor cuaca.

“Memang harga yang dipantau oleh kami dari Desember 2020 hingga awal Januari, cabai naik. Jadi kemarin kenaikannya sampai 100 persen, cabai merah tanjung harusnya Rp 35 ribu, kemarin menyentuh sampai Rp 70 ribu, juga cabai merah keriting, termasuk rawit melejit, sehingga cabai rawit ada yang jual dari Rp 90-Rp 100 ribu,” kata Kadisdagin Kota Bandung Elly Wasilah, Kamis (7/1/2021).

Elly mengungkapkan kenaikan harga cabai ini terjadi sejak dari petani dan musim hujan yang terjadi saat ini.

“Ini memang kaitannya dengan cuaca, ada gagal panen, serangan hama, juga kualitas pada musim penghujan untuk cabai kurang bagus, banyak airnya. Kualitas tidak sebaik seperti musim kemarau, sehingga para pedagang itu tidak mau menyimpan stok dalam kondisi banyak karena kalau tidak kebeli bakal busuk,” ungkapnya.

Meski demikian, Elly mengklaim sudah terjadi penurunan di sebagian pasar di Kota Bandung.

“Sudah ada yang turun, kemarin ada yang sampai Rp 90 ribu. Ini adalah kenaikan sangat tinggi dibandingkan yang lain,” ujar Elly.

“Tapi, cabai rawit ini bukan termasuk pangan strategis, beda dengan cabai merah. Sehingga, kalau cabai merah masuk komoditas pangan strategis yang memang kalau kenaikannya di atas ambang dan tidak wajar, Pemerintah Kota Bandung wajib lakukan operasi pasar, tapi memang sekarang stoknya berkurang, bukan ada penimbun,” ujar Elly.

Diberitakan sebelumnya, harga cabai rawit di pasar tradisional di Kota Bandung, mengalami kenaikan. Saat ini harga cabai rawit mencapai Rp 90 ribu-Rp 100 ribu per kilogram.

Seperti di Pasar Kosambi Kota Bandung, harga cabai rawit per kilogram-nya dari Rp 90-100 ribu. Kenaikan terjadi sekitar Rp 20-30 ribu.

“Kalau se-ons Rp 10 ribu, kalau kiloan Rp 90 ribu. Kenaikan terjadi pas tahun baru, sebelumnya Rp 60 ribu,” kata salah satu pedagang Heni Sintani kepada detikcom di Pasar Kosambi, Kamis (7/1/2021).

Sumber : detik

Tagged as

101.1 MGTRADIO Bandung

Hanya Memainkan laGu Terbaik

Current track
TITLE
ARTIST