ICW Berharap Mahfud MD ‘Bisiki’ Jokowi Soal Perppu KPK

Written by on 29 October 2019

al

 

Bandung – Peneliti dari Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana, mendesak Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD meminta Presiden Joko Widodo segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk mencabut UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru.

Ia mengatakan, apabila dalam 100 hari kerja Perppu KPK tidak juga diterbitkan, maka sebaiknya mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mundur dari jabatan menko polhukam.

“Jika 100 hari tidak ada regulasi yang benar atau yang baik dipandang masyarakat untuk segera meredakan beberapa demonstrasi terkait pelemahan KPK, maka seharusnya Profesor Mahfud mengundurkan diri jika tidak bisa menyelamatkan KPK dalam waktu 100 hari,” kata Kurnia kepada wartawan, Selasa (29/10/2019).

Menurut dia, pemberian tenggat waktu 100 hari kerja kepada Mahfud bukan sesuatu hal yang berlebihan. Sebab sebelum terpilih menjadi pembantu presiden, dia adalah seorang pakar yang keras terhadap penegakan hukum pemberantasan korupsi.

“Saya rasa 100 hari waktu yang tepat untuk diberikan publik kepada Mahfud MD, karena selama ini Mahfud MD dikenal sebagai figur yang pro terharap pemberantasan korupsi,” ujarnya.

Ia berharap keteguhan hati seorang Mahfud dalam penegakan hukum tidak luntur meski telah menjadi orang terdekat Presiden Jokowi.

“Maka dari itu, kita sangat berharap besar agar Profesor Mahfud bisa terus konsisten mendorong lahirnya perppu. Bahkan kalau kita boleh memberikan limitasi waktu 100 hari program kerja, dari Kementerian Politik, Hukum, dan HAM harus bisa benar-benar peka dengan masalah situasi politik dan hukum, salah satunya adalah menyelamatkan KPK,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, beberapa elemen masyarakat menolak UU KPK yang baru disahkan DPR. Mereka menilai UU tersebut akan melemahkan KPK dalam melakukan kerja-kerja pemberantasan perkara rasuah.

Demonstrasi pun dilakukan di berbagai wilayah. Termasuk di Ibu Kota Jakarta yang dipusatkan di Gedung DPR/MPR Senayan.

Sumber : okezone.com


Continue reading

101.1 MGTRADIO Bandung

Hanya Memainkan laGu Terbaik

Current track
TITLE
ARTIST