Wahana Ngopi In The Sky Gunung Kidul Dihentikan Pemprov DIY

Written by on 10 January 2022

 

Bandung – Wahana Ngopi in The Sky di Teras Kaca, Pantai Nguluran, Gunungkidul, yang menggunakan crane barang dihentikan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Faktor keselamatan dan keamanan pengunjung jadi alasan utama.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan keselamatan jadi poin utama yang harus dipatuhi penyelenggara tempat wisata.

“Keselamatan dan kenyamanan wisatawan harus kita jamin supaya kita tetap bisa dipercaya sebagai penyelenggara destinasi wisata yang nyaman dan aman,” kata Kadarmanta di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (6/1) seperti dilansir dari Antara.

Aji menuturkan dari hasil pemeriksaan, crane yang digunakan pengelola adalah alat yang disewa dari luar kota. Karena itu dibutuhkan pengecekan termasuk asal-usul dan guna operasionalnya apakah masih berlaku atau tidak.

“Informasi yang kami terima, penggunaan crane itu belum ada izin, penggunaannya tidak sesuai dengan spesifikasi barang itu tentu ini juga harus ada yang menjamin keselamatannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahajo mengatakan selain penggunaan alat yang tidak tepat, lokasi wahana yang berada di bibir pantai juga sangat riskan bagi keselamatan wisatawan.

Menurut dia, posisi di tepi pantai mengakibatkan tingkat korosi yang tinggi akibat angin laut yang membawa kadar garam yang tinggi.

Aspek kepemilikan sertifikat CHSE pelaku wisata itu, kata dia, sangat penting untuk dikantongi lebih dahulu.

“SDM yang mengoperasionalkan harus bersertifikat juga punya lisensi khusus, dan ini semua harus dipenuhi kalau tidak ya sebaiknya dihentikan, karena kalau terjadi kecelakaan akan menimbulkan ‘multiplayer effect’ yang luar biasa,” ujar Singgih.

Sebelumnya CEO Teras Kaca Nur Nasution memastikan wahana Ngopi in The Sky masih memasuki tahap uji coba sejak 2 Januari 2022 lalu. Meskipun demikian, sambungnya, ada pula beberapa wisatawan bahkan dari mancanegara yang sudah menjajal wahana tersebut.

Sumber : CNN Indonesia

Tagged as

101.1 MGTRADIO Bandung

Hanya Memainkan laGu Terbaik

Current track
TITLE
ARTIST