Asal Usul Hari Musik Nasional

Written by on 9 March 2021

 

Bandung – Wage Rudolf Soepratman pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Lahir pada 9 Maret yang selanjutnya 9 Maret ditetapkan sebagai hari musik nasional oleh Presiden ke-3 Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri.

Hari lahir WR Soepratman Senin Wage. Ia anak ketujuh dari sembilan bersaudara. Ayahnya bernama Djoemeno Senen Sastrosoehardjo, seorang tentara KNIL Belanda. Ibunya bernama Siti Senen.

Pada tahun 1914 WR Soepratman ikut kakak sulungnya, Roekijem ke Makassar. Di sana ia disekolahkan dan dibiayai oleh kakak iparnya, suami Roekijem. Namanya Willem Van Eldik.

WR Soepratman belajar bahasa Belanda di sekolah malam selama tiga tahun. Ia kemudian melanjutkan ke Normaalschool sampai selesai. WR Soepratman menjadi guru di Sekolah Angka 2 pada umur 20 tahun. Ia juga berhasil mendapatkan ijazah Klein Ambtenaar.

Dari Makassar WR Soepratman pindah ke Bandung, bekerja sebagai wartawan pada harian Kaoem Moeda dan Kaoem Kita. Pada masa itu WR Soepratman banyak bergaul dengan tokoh-tokoh pergerakan.

Tagged as

101.1 MGTRADIO Bandung

Hanya Memainkan laGu Terbaik

Current track
TITLE
ARTIST