Mudik Lokal ke Bandung Harus Hadapi Cek Poin dan Bawa Hasil Tes Antigen

Written by on 30 April 2021

 

Bandung – Mudik lokal pada 6-17 Mei 2021 di Bandung Raya masih diperbolehkan. Untuk warga Kota Bandung, aglomerasi dilakukan dengan syarat dan peraturan yang ketat.

“Kota Bandung masuk wilayah aglomerasi tiga. Nah empat wilayah daerah otonom (yang masuk aglomerasi) lainnya ada Kabupaten Bandung, Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat,” terang Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, Kamis, 29 April 2021.

Ia menjelaskan, akan ada 8 checkpoint yang didirikan untuk memeriksa pemudik lokal, di antaranya gerbang tol (GT) Pasir Koja, GT Pasteur, GT Moh Toha, GT Buah Batu, GT Kopo.

Kemudian cek poin non-tol ada di Cibiru, Terminal Ledeng, dan Cibereum yang berbatasan dengan wilayah Cimahi.

Lebih lanjut, Kasatlantas Polrestabes Kota Bandung Kompol Rano Hadiyanto menjelaskan persyaratan yang akan diperiksa di cek poin yang tersebar, yaitu:

1. Dokumen kesehatan (rapid antigen dan sejenisnya)
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Bagi ASN/pegawai BUMN/BUMD/TNI/Polri dengan keperluan dinas, menyertakan surat izin dari instansi terkait dengan tanda tangan dan cap basah. Begitu pun bagi pegawai swasta
4. Bagi masyarakat umum/non-pegawai, membawa surat izin tertulis dari kepala desa dengan tanda tangan dan cap basah

“Jika mereka (berasal dan bertujuan) ke wilayah aglomerasi serta membawa persyaratan, maka diperbolehkan (melanjutkan perjalanan). Kalau selain itu, maka akan diputarbalikan,” timpal Ema Sumarna.

Selanjutnya, ada beberapa kategori kendaraan yang boleh melintas meskipun tidak dilengkapi persyaratan, yaitu kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara, kendaraan dinas operasional ASN/TNI/Polri, ambulans, pemadam kebakaran, kendaraan pengangkut logistik, kendaraan pelayanan ibu hamil (dengan didampingi satu orang keluarga), serta mobil barang.

“Kendaraan logistik juga akan diperiksa petugas, jangan sampai dibilang ngangkut beras, begitu dibuka isinya ada orang. Jadi kendaraan seperti itu tetap dicek,” tegasnya.

Petugas di checkpoint akan berjaga 24 jam dengan 3 shift, pukul 06.00 WIB –16.00 WIB (shift 1), 16.00 WIB–22.00 WIB (shift 2), dan 22.00 WIB–06.00 WIB (shift 3).

Penegakan ini akan mulai dijalankan sejak 5 Mei 2021, sehingga pada 6-17 Mei sudah tahap pengoptimalan.

Sumber : ayobandung.com

Tagged as

101.1 MGTRADIO Bandung

Hanya Memainkan laGu Terbaik

Current track
TITLE
ARTIST