Pemerintah Tak Larang Mudik Lebaran, Dishub Jabar Harap Vaksinasi untuk Awak Angkutan Dipercepat

Written by on 23 March 2021

 

Bandung – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menyatakan pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik Lebaran 2021, meskipun perayaan Idulfitri tahun ini diperkirakan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari, mengatakan mengenai pernyataan tersebut, pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menuruti instruksi kementerian, di antaranya untuk terus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 di sektor perhubungan di Jawa Barat.

“Kita Jabar mendukung, asal tetap protokol kesehatan dilakukan dengan ketat dan ketentuan-ketentuan di sektor transportasi diterapkan oleh semua pemangku kepentingan, termasuk operator angkutan umum darat, laut, udara, dan kereta api,” kata Hery melalui ponsel, Senin (22/3/2021).

Hery mengatakan selain upaya pelaksanaan protokol kesehatan, dirinya pun menekankan pentingnya vaksinasi bagi para pelayan publik di sektor angkutan umum. Hal ini harus dipercepat sebelum masa libur lebaran terjadi.

“Dan yang terpenting sebelum musim mudik, crew angkutan umum tersebut kalau bisa sudah didahulukan vaksinasi. Atau tidak disamakan dengan kategori masyarakat umum,” katanya.

Hery mengatakan persiapan vaksinasi sampai penerapan protokol kesehatan dengan ketat, katanya, wajib dilakukan mengingat Jawa Barat selalu menjadi provinsi paling sibuk setiap masa mudik lebaran.

Terutama, katanya, vaksinasi ini diharapkan juga segera dilakukan untuk awak angkutan umum yang masuk dalam kategori pelayan publik atau masuk kriteria Tahap II Vaksinasi Covid-19.
Kebanyakan angkutan darat AKAP dan AKDP di Jabar, seperti diketahui, dikelola oleh swasta. Berbeda dengan pelayan publik yang kebanyakan ASN.

“Sebagai provinsi yang setiap mudik paling berat dan sibuk, kami kira kami wajar berharap demikian,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa pada dasarnya saat ini aktivitas apapun diperbolehkan selama disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sumber : tribunjabar.co.id

Tagged as

101.1 MGTRADIO Bandung

Hanya Memainkan laGu Terbaik

Current track
TITLE
ARTIST