Pemkot Bandung Pastikan Corona B117 Belum Ditemukan di Bandung

Written by on 9 March 2021

 

Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyebut virus Corona B117 belum ditemukan di Kota Bandung. Pengetatan protokol kesehatan terus dilakukan demi mencegah penyebaran virus Corona varian baru tersebut.

“Di Bandung belum, kita belum diminta provinsi untuk menyisir misalnya kontak erat misal dari Karawang kemana gitu, nanti provinsi yang menugaskan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanegara, di Balai Kota Bandung, Senin (8/3/2021).

Karena kemunculan kasus terjadi di Karawang, Ahyani menyebut, kasus ini ditangani langsung Satgas COVID-19 Provinsi Jabar.

“Virus B117 inikan dilaporkannya di Karawang, maka penanganannya terpusat oleh Provinsi Jawa Barat. Tingkat daerahnya, pencegahan protokol kesehatannya 3M lebih ketat, kita enggak tahu virus ini tipe mana tipe mana akhirnya masyarakat harus memperketat protokol kesehatan,” jelasnya.

Pihaknya akan terus meningkatkan, tracing, testing dan treatment (3T) untuk mengantisipasi virus varian baru ini.

“Dari kami, harus ditingkatkan 3T-nya dan pelacakan dilakukan oleh provinsi, kalau ada ke Bandung kontak erat, kita pasti carinya,” ujarnya.

Ahyani menyebut, penyebaran virus varian baru ini lebih cepat. “Kalau dari pengalaman di Inggris dan akademisi, yang membedakan lebih menular, cepat penularannya hampir 70 persen lebih cepat. Kalau dulu satu kepada lima atau enam orang sekarang bisa ke sekian lebih banyak,”

“Jika tidak ditangani, dampaknya itu ke sistem kesehatan, kita tracing harus lebih banyak dan fasilitas kesehatan harus lebih banyak,” tambahnya.

Menurutnya, yang membedakan penyebaran lebih tinggi, sedangkan fatalitas nya sama dengan COVID-19. “Fatalitas sama (dengan COVID-19), penyebaran lebih (cepat),” pungakasnya.

Sumber : detik.com

Tagged as

101.1 MGTRADIO Bandung

Hanya Memainkan laGu Terbaik

Current track
TITLE
ARTIST