Polda Jabar Sebar Kamera Tilang ETLE di 21 Titik Kota Bandung

Written by on 25 March 2021

 

Bandung – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menjadi salah satu dari 12 Polda yang mengikuti peluncuran tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) nasional tahap I. Dengan demikian, penilangan elektronik pun resmi berlaku di Jabar.

Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan pemberlakuan ETLE untuk tahap pertama akan diberlakukan di Kota Bandung. Sebanyak 21 titik di Bandung akan dipasang kamera untuk menjalankan mekanisme tilang elektronik tersebut.

“Untuk sementara di Kota Bandung. Nanti pengembangan lebih lanjut mudah-mudahan di Cirebon,” kata Dofiri di Mapolda Jabar, Selasa (23/3).

Menurut Dofir, penerapan mekanisme tilang elektronik ini akan memudahkan petugas dalam menindak pelanggar lalu lintas.

“Jadi sebenarnya sekarang sudah bisa diberlakukan sehingga kalau kita lihat tadi sudah diperagakan jadi bisa langsung diterapkan,” ujarnya.

Dofiri mengatakan penerapan tilang elektronik tersebut diharapkan menimbulkan efek yang baik di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, masyarakat akan sadar dan merasa terawasi sehingga tidak melakukan pelanggaran di jalan.

“Pada saatnya nanti masyarakat perlahan akan mengetahui dan ini tentunya memiliki efek yang bagus karena selama ini kan harus menghadirkan petugas langsung berinteraksi dengan masyarakat. Tapi dengan ETLE maka mereka sadar betul bahwa suatu saat nanti mereka akan mendapatkan surat atau juga bisa langsung melalui notifikasi di hanphone-nya kalau sudah terdaftar,” tutur pria yang pernah menjabat Kapolres Bandung itu.

Selain itu, Dofiri mengungkapkan kegunaan ETLE ini juga bukan hanya bagi pelanggar lalu lintas. Lebih dari itu, keberadaan ETLE juga dapat membantu mencegah terjadinya tindak pidana.

“Manfaatnya sangat banyak, bukan hanya pelanggaran lalu lintas saja. Efeknya, orang-orang mau melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, melakukan tindak pidana itu bisa terdeteksi melalui kamera itu,” ujarnya.

Sumber : CNN Indonesia

Tagged as

101.1 MGTRADIO Bandung

Hanya Memainkan laGu Terbaik

Current track
TITLE
ARTIST